Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanjunganom Nganjuk

Mencetak Generasi Muda Yang Unggul dan Berprestasi

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Pelaksanaan SPAN-PTKIN Gratis

Oleh Admin 28-01-2015 17:12:13

Jakarta (Pinmas) —- Kementerian Agama (Kemenag) tidak akan memungut biaya Seleksi Prestasi  Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). “Termasuk di dalamnya biaya pendaftaran yang dibebaskan alias gratis,” demikian ditegaskan Sekjen Kemenag Nur Syam  saat membacakan sambutan Menag Lukman Hakim Saifuddin pada acara peluncuran SPAN dan Ujian Masuk PTKIN di Gedung Kementerian Agama Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (27/01).

Peluncuran ini dihadiri oleh  Dirjen Pendidikan Agama Islam Kamaruddin Amin, para pejabat eselon I, sejumlah rektor dan pimpinan PTKIN se-Indonesia. Menurut Nur Syam, pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional diikuti seluruh PTKIN. Pelaksanaannya harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN

Nur Syam menegaskan bahwa siswa tak mampu akan dibebaskan dari biaya kuliah. Artinya, bagi mereka yang tak mampu secara ekonomi akan dibebaskan dari segala biaya. Diperkirakan sekitar 20 persen mahasiswa tak mampu akan ditampung di sejumlah PTKIN.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diperkirakan akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari kepala sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah,” katanya.

Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya, menurut dia, layak mendapat kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui SPAN-PTKIN. Kemenag akan terus meningkatkan kualitas siswa yang ke depan tantangannya makin tinggi.            

Menurut rilis panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru PTKIN yang ditandatangani Rektor UIN Maliki Malang selaku Ketua Umum, Mudjia Rahardjo, pendaftaran SPAN-PTKIN akan dimulai 30 Februari – 25 April 2015. Proses seleksi pada 27 April – 22 Mei 2015, pengumuman hasil seleksi pada 25 Mei 2015. Untuk pendaftaran ulang yang diterima pada 23 – 24 Juni 2015.

Ketentuan umum dan persyaratannya adalah SPAN-PTKIN berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Dijelaskannya pula bahwa siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh kepala sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah masing-masing. Syarat pelamar pendaftaran adalah siswa SMA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pda 2015, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah, juga memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Tentang tata cara pendaftaran diatur sebagai berikut: kepala sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah mendaftarkan sekolah/madrasahnya melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id. Kepala sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah mengisi data sekolah dan siswa pada borang pendaftaran. Kepala sekolah/madrasah/pesantren Mu’adalah mendapat user id dan password untuk diberikan kepada siswa guna melakukan pendaftaran. Lantas siswa menggunakan user id dan password yang diberikan oleh kepala sekolah/madrasah/pesantren mu’adalah untuk melakukan pendaftaran melalui laman http://www.span.ptkin.ac.id.  

Siswa mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengunggah prestasi lain, dan melakukan finalisasi pendaftaran. Siswa mencetak dan menyimpan kartu pendaftaran sebagai tanda buktiu peserta SPAN-PTKIN.

Tentang program studi dan jumlah pilihan; siswa dapat melamar dua pilihan PTKIN yang diminati, memilih dua program studi yang diminati, pilihan PTKIN dan program studi yang diminati masing-masing PTKIN. (ess/ant/mkd)