Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanjunganom Nganjuk

Mencetak Generasi Muda Yang Unggul dan Berprestasi

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Menag Resmikan Transformasi UIN Walisongo

Oleh Admin 07-04-2015 12:07:50

Jakarta (Pinmas) —- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan transformasi Institute Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, di Auditorium I, Kampus 3 UIN Walisongo, Senin (06/04). Peresmian UIN ini juga bertepatan dengan Dies Natalis UIN ke-45.

Hadir dalam peresmian tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ketua DPRD Jateng, Kapolda, Kodam IV Diponegoro, Ketua MUI, Ketua PW NU Jateng, para rektor perguruan tinggi di Semarang, dan para rektor PTAIN se-Indonesia. Hadir juga Keluarga Besar dan civitas akademika UIN Walisongo, seperti Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Kepala Balitbang-Diklat Kemenag Abd. Rahman Mas’ud, juga Ketua Ika-Walisongo.

Menurut Menag, IAIN Walisongo layak bertransformasi menjadi UIN. “Sudah saatnya IAIN Walisongo menjadi UIN, dan duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan universitas lain di Indonesia,” tegas Menag.

“Transformasi ini merupakan lompatan kuantum, dan merupakan jembatan bagi terjadinya integrasi pendidikan tinggi Islam ke dalam sistem pendidikan nasional. Hal ini berakibat pada mencairnya dualisme pendidikan; umum dan agama, yang kemudian saling mendekat dan melengkapi,” tambahnya.

Dikatakan Menag, bahwa jumlah perguruan tinggi Islam di Indonesia, terbanyak di dunia, dengan 11 UIN, 25 IAIN, dan 19 STAIN. Jumlah ini, lanjut Menag, merupakan yang terbanyak di dunia, dan karenanya Indonesia mempunyai modal besar untuk membangun pusat peradaban Islam baru yang modern. “Sebuah Islam yang modern dan mampu berintegrasi dengan demokrasi. Sebuah Islam Khas Nusantara yang menyerap perubahan kemajuan dan adaptif,” jelasnya.

Menag menambahkan, konsep Islam di Indonesia, mampu dengan baik menjelaskan isu-isu sensitif dan kompleks tentang HAM, demokrasi, lingkungan hidup, gender, kerusakan alam, teknologi dan lain sebagainya.

“Selamat kepada seluruh civitas akademika UIN Walisongo Semarang. Semoga, UIN Walisongo mampu mainkan peran yang tepat dalam arus perubahan dan dinamika kebangsaan yang terus maju ini,” harap Menag. (g-penk/mkd/mkd)

tautan http://kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=250424