Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanjunganom Nganjuk

Mencetak Generasi Muda Yang Unggul dan Berprestasi

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

.: BERITA :.

Oleh Admin 05-05-2015 12:45:02

90% dari 1000 Madrasah Program Kemitraan, Terakreditasi A dan B

Serang (Pinmas) —- Kementerian Agama telah menjalin program kemitraan di bidang pendidikan dengan Australia. Sedikitnya ada 1000 madrasah yang dijadikan sebagai objek sasaran program kemitraan pendidikan Indonesia-Australia dalam penguatan standard pendidikan.

Dalam kesempatan Madrasah Expo di Madrasah, dilaporkan bahwa dari 1000 madrasah tersebut, 90% di antaranya terbukti telah berhasil mendapat akreditasi A dan B. “Ini tentu merupakan sebuah capaian kinerja yang bagus,” kata Menag mengomentari laporan panitia saat membuka Madrasah Ekspo Provinsi Banten, di Alun-alun Kantor Gubernur Provonsi Banten, Kamis (30/4)..

Menag berharap capaian program yang dihasilkan ini dapat semakin meningkatkan citra dan mutu pendidikan madrasah yang lebih baik. Menurutnya, madrasah dan pondok pesantren saat ini telah mengalami transformasi dan lompatan yang luar biasa sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional.

Madrasah dan pondok pesantren, lanjut Menag, sudah tidak dianggap lagi sebagai institusi pinggiran yang hanya dapat mencetak kaum “sarungan” saja. “Madrasah telah dianggap sebagai lembaga yang mempunyai kontribusi yang tidak bisa diremehkan lagi dalam konteks pembangunan SDM bangsa indonesia yang unggul dan berkarakter,” ujarnya.

Kepada para guru, Menag meminta untuk dapat terus meningkatkan kompetensi dan profesionalitasnya dalam upaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Permintaan ini disampaikan Menag seiring dengan semakin besarnya tunjangan profesi yang diterima setiap bulan.

Sebelumnya Kakanwil Provinsi Banten Moh Agus Salim melaporkan bahwa Madrasah ekspo ini bertujuan untuk menunjukkan karya siswa dan santri kepada masyarakat. Selain itu, menunjukkan kepada masyarakat dan Pemda bahwa sesungguhnya para siswa/santri selama ini sebenarnya telah banyak mampu berkarya sebagaimana yang ditunjukkan dan dipentaskan pada hari ini.

Mewakili Dubes Australia Mrs Sarah Landen menyampaikan bahwa Pemerintah Australia sudah banyak melaksanakan kerjasama dengan Kementerian Agama, seperti halnya pada hari ini kita merayakannya. Madrasah kini menjadi salah satu pilihan tempat pendidikan untuk daerah terpencil, seperti di Banten.

Madrasah juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan bagi seluruh masyarakat. Karena, bagi Sarah Landen, madrasah yang baik akan menjamin pendidikan yang berkualitas. “Sudah ada 123 madrasah yang telah kita bantu di Banten,” kata Sarah Landen.

“Australia sebagai tetangga negara Republik Indonesia dengan senang akan terus memberikan bantuan. Trimakasih banyak dan semoga sukses,” tutupnya.

Tampak hadir dalam acara ini, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amn, Kepala Pusat Informasi dan Humas Rudi Subiyantoro, Kanwil Banten Moh Agus Salim, Plt Gubernur Prov Banten Rano Karno, Deputi Kementerian Luar Negeri Australia Mrs Sarah Landen, Bupati Serang Taufik Nuriman, Rektor IAIN Banten Fauzul Iman, kankemenag se Provinsi Banten, alim ulama dan tokoh masyarakat, dan perwakilan walikota se Indonesia. (Arief/mkd/mkd)

Tautan http://kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=256707